banner

Sekilas DP2M IT Telkom

E-mail Print PDF


Visi :

Menghasilkan penelitian yang dapat berperan dalam kamajuan teknologi baik dalam cakupan lokal maupun global

Misi :

1. Meningkatkan peran serta sumberdaya manusia IT Telkom dalam penelitian nasional maupun internasional.

2. Meningkatkan pengelolaan penelitian agar efisiensi dan efektifitas penelitian meningkat

3. Meningkatkan sarana dan prasarana penelitian di IT Telkom

Sejarah

Semenjak berdirinya IT Telkom (STT Telkom) pada tahun 1990, pengelolaan mengenai penelitian dan pengabdian masyarakat sudah menjadi bagian yang diperhatikan dengan adanya unit yang disebut LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian masayarakat). Peran dari LPPM pada waktu mengelola penelitian dengan berkoordinasi dengan jurusan melalu kordinator penelitian di tingkat Jurusan. Beberapa pengabdian masayarakat dilakukan pada saat itu, salah satunya adalah kerjasama dengan Pemerintah daerah Pangandaran, Garut dan kabupaten Bandung dalam bidang telekomunikasi.

Tahun 1997 diterbitkan Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi. Jurnal Telekomunikasi mulai terakreditasi tahun 2001 dengan akreditasi C. kemudian pada saat reakreditasi tahun 2004, jurnal tersebut mendapatkan akreditasi B sampai saat ini .

Tahun 2000 LPPM Berubah namanya menjadi Pusat Penelitian dan layanan Masyarakat dan Industri dibawah pimpinan seorang Direktur. Di dalamnya terdapat Kepala Urusan Penelitian. Pada tahun 2004, penelitian diketuai seorang kepala bagian.

Tahun 2006, terjadi pemisahan antara secara mandiri menjadi Bagian Penelitian dan pengabdian masyarakat (PPM), bekerja di bawah Direktorat Akademik. dengan Direktorat Pemasaran dan Kerjasama.

Tahun 2008 PPM berubah menjadi Bagian Research Center, masih di bawah Direktorat Akademik. Aktifitas hanya berkaitan dengan penelitian, sedangkan pengabdian masyarakat di bawah Direktorat Kerjasama dan Pemasaran

Tahun 2010 PPM berubah menjadi Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan dikepalai oleh seorang Direktur yang bertanggung jawab langsung ke Rektor

Peran Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Dalam struktur organisasi dan tata kelola (SOTK) IT Telkom dijelaskan peranan dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Telkom Nomor KEP. 323/SDM-02/YPT/2010 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Institut Teknologi Telkom merupakan perubahan yang dilakukan secara berkala dan berkelanjutan untuk menghadapi segala bentuk perubahan faktor internal dan faktor eksternal. Struktur organisasi IT Telkom dapat dilihat pada Gambar berikut ini.

Unit kerja yang fokus dalam mewadahi dan mengakselerasi penelitian di IT Telkom adalah Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) yang dipimpin oleh seorang Direktur dan bertanggung jawab langsung terhadap Rektor. Dalam kegiatannya, Direktur PPM dibantu dengan bagian Urusan Administrasi Penelitian serta bagian Urusan Pengabdian Masyarakat dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Fleksibilitas struktur organisasi pada DP2M dibuat untuk menyikapi dinamika kegiatan yang akan dan atau mungkin terjadi. Pusat-Pusat Penelitian, Manajemen-Manajemen Proyek, serta Pusat-Pusat Studi / Kajian dibuat untuk menjawab dinamika tersebut. Struktur Organisasi DP2M dapat dilihat pada di bawah ini.

Dalam prakteknya, DP2M melaksanakan koordinasi dengan fakultas berkaitan dengan penggunaan Sumber Daya Manusia (SDM) fakultas, dalam hal ini dosen, dan sumber daya laboratorium. Kelompok Keahlian dibentuk pada 19 Januari 2011 yang diharapkan dapat menjadi menjadi penggerak untuk mengimplementasikan target dan pencapaian dari peta jalan penelitian. Secara struktural, Kelompok Keahlian berada dalam koordinasi masing-masing Fakultas, dapat dilihat pada di bawah ini.



Last Updated on Tuesday, 06 March 2012 06:34

Dedicated Cloud Hosting for your business with Joomla ready to go. Launch your online home with CloudAccess.net.