Kenapa harus aktivasi? Itu pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh mahasiswa ketika berhadapan dengan i-GRACIAS. Sistem aktivasi akun ini digunakan untuk melakukan aktivasi akun user sebelum login pertama kali pada sistem akademik baru. Bagaimana caranya? Tutorial berikut semoga bisa membantu.
i-GRACIAS merupakan sebuah sistem baru yang dikembangkan oleh UPT SISFO IT TELKOM, sistem ini menggunakan platform yang berbeda dengan sistem informasi akademik sebelumnya. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya migrasi dan sinkronisasi data dari sistem lama ke sistem baru, dan mensyaratkan pengguna untuk melakukan aktivasi kembali agar terdaftar di i-GRACIAS. Berikut panduan navigasi penggunaan fitur-fitur yang ada pada sistem aktivasi ini.
Pada saat pertama kali mengunjungi dashboard sistem akademik, user akan diarahkan untuk melakukan aktivasi akun dengan menekan link Activate Your Account yang tersedia seperti tampak pada gambar di bawah ini.
Selanjutnya user akan diminta untuk memasukkan username dan password. Pada tahap ini, username dan password yang dipakai sama dengan yang biasa dipakai pada /nilai, kemudian tekan tombol submit.
Proses berikutnya, user diminta untuk memasukkan data identitas pribadi sesuai dengan kolom yang disediakan. Ada beberapa data yang harus diisi, diantaranya :
Data Account, berisi tentang pertanyaan dan jawaban yang akan ditanyakan ketika user lupa passwordnya.
Personal data, berisi tentang data pribadi user.
Sosial Data, berisi data sosial network yang dimiliki oleh user.
User dapat menambahkan banyak akun dan alamat email dengan menekan tombol Add New Email dan Add New Account.
Jika telah selesai menambahkan akun dan email, langkah selanjutnya adalah mengisi bagian verification code, lalu mencentang check box I Agree yang menyatakan bahwa user setuju dengan ketentuan yang ditetapkan dari sistem. Berikutnya, user diminta mengisikan feedback dan terakhir tekan tombol Activate untuk menandai selesainya proses input data aktivasi ini.