Saya Sudah Bayar, Tapi Status Bayar Belum Lunas
Saya telah melakukan pembayaran biaya kuliah BPP Paket (atau BPP non-Paket) kemarin, tapi sampai dengan hari ini status pembayaran saya di i-GRACIAS masih dianggap belum lunas. Bagaimana ini? Itulah pertanyaan yang banyak disampaikan ke UPT SISFO IT TELKOM ataupun melalui i-GRACIAS Bot di iface. Berikut penjelasannya.
Pembayaran kuliah semester ganjil tahun akademik 2011/2012 untuk mahasiswa BPP Paket maupun mahasiswa BPP non-Paket yang dilakukan lewat Bank Mandiri ataupun BNI, secara default tidak memerlukan konfirmasi. Mekanismenya, seluruh pembayaran yang telah masuk, akan dilakukan verifikasi oleh Bagian Keuangan pada hari kerja +1 dari pembayaran yang dilakukan oleh mahasiswa. Dalam hal ini UPT SISFO IT TELKOM tidak berwenang untuk melakukan verifikasi pembayaran yang dimaksud.
Sebagai contoh, apabila mahasiswa melakukan pembayaran hari Selasa, maka proses verifikasi dilakukan H+1 yakni hari Rabu, sehingga mahasiswa baru bisa melakukan registrasi pada hari Rabu. Sedangkan apabila pembayaran dilakukan pada hari Jumat, maka Bagian Keuangan akan melakukan verifikasi pada hari Senin pekan berikutnya.
Jadi silakan perhatikan mekanisme tersebut, agar memastikan Anda dapat melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, karena apabila Anda terlambat melakukan registrasi, maka BAA akan mengenakan denda sesuai dengan aturan yang berlaku.
Bagaimana jika setelah H+1 pembayaran tidak kunjung juga diverifikasi? Silakan segera hubungi Bagian Keuangan untuk mendapatkan konfirmasi lebih lanjut tentang status pembayaran Anda.