PROFIL KK ICM
Intelligence, Computing, and Multimedia (ICM) / Intelegensia, Komputasi, dan Multimedia (IKM) adalah salah satu Kelompok Bidang Keahlian (KBK) di Fakultas Informatika IT Telkom.
Sebagai salah satu KBK, Intelligence, Computing, and Multimedia (ICM) mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan erat dengan computer science. Ilmu ini meliputi dasar-dasar teori dari informasi dan komputasi, serta implementasinya pada sistem komputer. Pada computer science juga dipelajari algoritma, yaitu proses yang mendeskripsikan dan mentransformasikan : theory, analisis, desain, efisiensi, implementasi dan aplikasi.
Computer Science Accreditation Board (CSAB) yang merupakan perwakilan dari Association Computing Machinery (ACM), Institute of Electronical and Electronics Engineers Computer Society (IEEE) dan Association for Information Systems (AIS), mengidentifikasi empat area menjadi focus dari computer science.
CSAB juga mengidentifikasi bidang seperti rekayasa perangkat lunak, kecerdasan buatan, komputer grafik sebagai area penting pada computer science.
Bidang Pengajaran
Banyak materi yang dipelajari pada kelompok bidang keahlian ini. Beberapa materi tersebut meliputi materi sebagai berikut:
Laboratorium
Beberapa laboratorium didirikan untuk mendukung kegiatan riset dan pengajaran di KK Intelligence, Computing, and Multimedia . Laboratorium-laboratorium tersebut antara lain laboratorium Open Source Programming, laboratorium Artificial Intelligence, laboratorium Multimedia, dan laboratorium Metode Formal. Masing-masing laboratorium memiliki topik riset berbeda-beda yang didukung oleh beberapa study group. Study group adalah kelompok belajar yang mengkhususkan diri pada topik tertentu yang berhubungan dengan spesifik materi laboratorium.
Beberapa study group yang ada pada laboratorium-laboratorium KK Intelligence, Computing, and Multimedia yaitu
Laboratorium Artificial Intelligence, antara lain study group Sistem Pakar, Neural Network, Algoritma Genetika, Fuzzy Logic, Searching and Planning, Evolutionary
Algorithm, dan Soft Computing. Berikut adalah penjelasan study group tersebut.
- Sistem Pakar (Expert System) merupakan suatu program computer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mancapai suatu kesimpulan.
- Jaringan Syaraf Tiruan (Artificial Neural Network) merupakan jaringan dari sekelompok unit pemroses kecil yang dimodelkan berdasarkan jaringan syaraf manusia. Jaringan syaraf tiruan merupakan system adaftif yang dapat merubah strukturnya untuk memecahkan masalah berdasarkan informasi eksternal, internal dan pola-pola pada data.
- Algoritma Genetika (Genetic Algorithm) merupakan salah satu kelas dari algoritma evolusioner. Algoritma genetika merupakan teknik pencarian di dalam ilmu komputer untuk menemukan penyelesaian pendekatan untuk optimasi dan masalah pencarian.
- Fuzzy Logic merupakan system inferensi yang menggunakan konsep fuzzy set, yaitu sebuah masalah tidak direpresentasikan dalam 0 dan 1, tetapi dalam rentang [0,1]. Sistem ini juga mengadopsi insting manusia dalam menyelesaikan masalah.
- Searching and Planning merupakan metode penyelesaian masalah secara general. Ketika terdapat masalah pencarian yang dirumuskan, himpunan kondisi, himpunan operator, sebuah kondisi awal, dan sebuah criteria tujuan, maka masalah tersebut dapat diselesaikan dengan teknik pencarian.
- Evolutionary Algorithm merupakan salah satu teknik optimasi yang terinspirasi dari sistem evolusi di dunia nyata, yaitu reproduksi, mutasi, rekombinasi, dan seleksi orang tua.
- Soft Computing metode penyelesaian masalah yang dapat mengolah data-data yang bersifat tidah pasti, impresisi, dan dapat diimplementasikan dengan biaya yang murah. Beberapa metode yang termasuk dalam kategori soft computing yaitu fuzzy logic, artificial neural network, probabilistic reasoning, dan lain-lain
Laboratorium Multimedia, antara lain study group photography, vector, 3D modeling, Animation, dan video making. Berikut adalah penjelasan study group tersebut.
- Photography membahas mengenai teknik atau tata cara dalam mengambil gambar melalui kamera digital, melakukan proses editing dan retouching image sehingga sesuai dengan kebutuhan.
- Vector membahas mengenai berbagai jenis software pengolahan grafika yang masih dalam batasan domain dua dimensi.
- 3D modeling membahas atau mempelajari tools-tools dua dimensi yang digunakan dalam membangun karakter game, environment game, dan lain-lain.
- Animation membahas tentang pembuatan animasi-animasi.
- Video Making mempelajari teknik pembuatan dan editing video sehingga dapat diimplementasikan.
Laboratorium Open Source Programming, antara lain study group Java Standard Edition, Java Enterprise Edition, dan Java Mobile Edition. Berikut adalah penjelasan study group tersebut.
- Java Standard Edition (J2SE) mempelajari pengembangan aplikasi berbasis object oriented di desktop dan client/server.
- Java Enterprise Edition (J2EE) mempelajari pengembangan aplikasi berbasis object oriented pada web dan client/ server, contohnya aplikasi e-bussines, e-commerce, dan web based application.
- Java Mobile Edition (J2ME) mempelajari pengembangan aplikasi berbasis object oriented yang dapat diimplementasikan di semua platform, misalnya pager, smart card, cell phone, handheld PDA, dan set-top box.
- Laboratorium Metode Formal, antara lain study group metode formal, yaitu teknik spesifikasi, development, dan verifikasi sistem software dan hardware yang berdasarkan pada konsep matematika.
RoadMap Penelitian
Intelligence: Memposisikan diri pada penelitian dasar berupa analisis dan pengembangan Algoritma. Ruang Lingkup Penelitian untuk tahun 2011 difokuskan pada pemecahan masalah pada lingkungan internal Institusi berupa: Pengembangan Teknik Pendeteksian PLAGIAT dan Mekanisme Penjadwalan
Computing: Sebagai sebuah bidang yang baru “dilahirkan” maka Computing memfokuskan diri pada:
1. Mobile Computation : Optimalisasi Resource
2. Intelegent Computation : Optimalisasi algoritma
3. Kajian komputasi khusus : Cryptograhpy, Steganography, WaterMarking
4. Modelling : Formal Method
Multimedia: Kegiatan Multimedia yang telah berjalan selama ini berkaitan dengan “production” dan penggunaan teknologi. Untuk tahun 2011 maka akan mulai diarahkan untuk menghasilkan Modul Pelatihan Teknologi Multimedia.
Untuk riset:
1. Digital Signal Processing (Image, Suara, Video)
2. Pengembangan Game
3. Storage Berbasis Multimedia (Polarisasi Filter dan Image Storage)
Akademik