Kelompok Keahlian Intelligent, Computing and Multimedia (ICM)

PROFIL KK ICM

Intelligence, Computing, and Multimedia (ICM) / Intelegensia, Komputasi, dan Multimedia (IKM) adalah salah satu Kelompok Bidang Keahlian (KBK) di Fakultas Informatika IT Telkom.

Sebagai salah satu KBK, Intelligence, Computing, and Multimedia (ICM) mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan erat dengan computer science. Ilmu ini meliputi dasar-dasar teori dari informasi dan komputasi, serta implementasinya pada sistem komputer. Pada computer science juga dipelajari algoritma, yaitu proses yang mendeskripsikan dan mentransformasikan : theory, analisis, desain, efisiensi, implementasi dan aplikasi.
Computer Science Accreditation Board (CSAB) yang merupakan perwakilan dari Association Computing Machinery (ACM), Institute of Electronical and Electronics Engineers Computer Society (IEEE) dan Association for Information Systems (AIS), mengidentifikasi empat area menjadi focus dari computer science.

CSAB juga mengidentifikasi bidang seperti rekayasa perangkat lunak, kecerdasan buatan, komputer grafik sebagai area penting pada computer science.


Bidang Pengajaran

Banyak materi yang dipelajari pada kelompok bidang keahlian ini. Beberapa materi tersebut meliputi materi sebagai berikut:


Laboratorium

Beberapa laboratorium didirikan untuk mendukung kegiatan riset dan pengajaran di KK Intelligence, Computing, and Multimedia . Laboratorium-laboratorium tersebut antara lain laboratorium Open Source Programming, laboratorium Artificial Intelligence, laboratorium Multimedia, dan laboratorium Metode Formal. Masing-masing laboratorium memiliki topik riset berbeda-beda yang didukung oleh beberapa study group. Study group adalah kelompok belajar yang mengkhususkan diri pada topik tertentu yang berhubungan dengan spesifik materi laboratorium.

Beberapa study group yang ada pada laboratorium-laboratorium KK Intelligence, Computing, and Multimedia yaitu


Laboratorium Artificial Intelligence
, antara lain study group Sistem Pakar, Neural Network, Algoritma Genetika, Fuzzy Logic, Searching and Planning, Evolutionary
Algorithm, dan Soft Computing. Berikut adalah penjelasan study group tersebut.

  • Sistem Pakar (Expert System) merupakan suatu program computer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mancapai suatu kesimpulan.
  • Jaringan Syaraf Tiruan (Artificial Neural Network) merupakan jaringan dari sekelompok unit pemroses kecil yang dimodelkan berdasarkan jaringan syaraf manusia. Jaringan syaraf tiruan merupakan system adaftif yang dapat merubah strukturnya untuk memecahkan masalah berdasarkan informasi eksternal, internal dan pola-pola pada data.
  • Algoritma Genetika (Genetic Algorithm) merupakan salah satu kelas dari algoritma evolusioner. Algoritma genetika merupakan teknik pencarian di dalam ilmu komputer untuk menemukan penyelesaian pendekatan untuk optimasi dan masalah pencarian.
  • Fuzzy Logic merupakan system inferensi yang menggunakan konsep fuzzy set, yaitu sebuah masalah tidak direpresentasikan dalam 0 dan 1, tetapi dalam rentang [0,1]. Sistem ini juga mengadopsi insting manusia dalam menyelesaikan masalah.
  • Searching and Planning merupakan metode penyelesaian masalah secara general. Ketika terdapat masalah pencarian yang dirumuskan, himpunan kondisi, himpunan operator, sebuah kondisi awal, dan sebuah criteria tujuan, maka masalah tersebut dapat diselesaikan dengan teknik pencarian.
  • Evolutionary Algorithm merupakan salah satu teknik optimasi yang terinspirasi dari sistem evolusi di dunia nyata, yaitu reproduksi, mutasi, rekombinasi, dan seleksi orang tua.
  • Soft Computing metode penyelesaian masalah yang dapat mengolah data-data yang bersifat tidah pasti, impresisi, dan dapat diimplementasikan dengan biaya yang murah. Beberapa metode yang termasuk dalam kategori soft computing yaitu fuzzy logic, artificial neural network, probabilistic reasoning, dan lain-lain

Laboratorium Multimedia,
antara lain study group photography, vector, 3D modeling, Animation, dan video making. Berikut adalah penjelasan study group tersebut.

  • Photography membahas mengenai teknik atau tata cara dalam mengambil gambar melalui kamera digital, melakukan proses editing dan retouching image sehingga sesuai dengan kebutuhan.
  • Vector membahas mengenai berbagai jenis software pengolahan grafika yang masih dalam batasan domain dua dimensi.
  • 3D modeling membahas atau mempelajari tools-tools dua dimensi yang digunakan dalam membangun karakter game, environment game, dan lain-lain.
  • Animation membahas tentang pembuatan animasi-animasi.
  • Video Making mempelajari teknik pembuatan dan editing video sehingga dapat diimplementasikan.

Laboratorium Open Source Programming
, antara lain study group Java Standard Edition, Java Enterprise Edition, dan Java Mobile Edition. Berikut adalah penjelasan study group tersebut.

  • Java Standard Edition (J2SE) mempelajari pengembangan aplikasi berbasis object oriented di desktop dan client/server.
  • Java Enterprise Edition (J2EE) mempelajari pengembangan aplikasi berbasis object oriented pada web dan client/ server, contohnya aplikasi e-bussines, e-commerce, dan web based application.
  • Java Mobile Edition (J2ME) mempelajari pengembangan aplikasi berbasis object oriented yang dapat diimplementasikan di semua platform, misalnya pager, smart card, cell phone, handheld PDA, dan set-top box.
  • Laboratorium Metode Formal, antara lain study group metode formal, yaitu teknik spesifikasi, development, dan verifikasi sistem software dan hardware yang berdasarkan pada konsep matematika.


RoadMap Penelitian


Intelligence: Memposisikan diri pada penelitian dasar berupa analisis dan pengembangan Algoritma. Ruang Lingkup Penelitian untuk tahun 2011 difokuskan pada pemecahan masalah pada lingkungan internal Institusi berupa: Pengembangan Teknik Pendeteksian PLAGIAT dan Mekanisme Penjadwalan

Computing: Sebagai sebuah bidang yang baru “dilahirkan” maka Computing memfokuskan diri pada:
1. Mobile Computation : Optimalisasi Resource
2. Intelegent Computation : Optimalisasi algoritma
3. Kajian komputasi khusus : Cryptograhpy, Steganography, WaterMarking
4. Modelling : Formal Method

Multimedia: Kegiatan Multimedia yang telah berjalan selama ini berkaitan dengan “production” dan penggunaan teknologi. Untuk tahun 2011 maka akan mulai diarahkan untuk menghasilkan Modul Pelatihan Teknologi Multimedia.
Untuk riset:
1. Digital Signal Processing (Image, Suara, Video)
2. Pengembangan Game
3. Storage Berbasis Multimedia (Polarisasi Filter dan Image Storage)
Akademik
  • Profil | Agus Virgono., Ir., MT
    Lahir di Bandung, 30 Agustus 1966 Menamatkan pendidikan S1 Jurusan Teknik Elektro di ITB. Menyelesaikan pendidikan S2 pada Teknik Elektro ITB. Sekarang, Agus menduduki posisi sebagai Ketua Program Studi S1 Sistem Komputer. E-mail : [email protected]
    Baca Selengkapnya | Indeks
  • Profil | Yanuar Firdaus Arie Wibowo
    Yanuar adalah dosen Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Pria asal Yogyakarta ini mengawali karirnya di IT Telkom sejak tahun 2005, sebagai Designer & Developer of Integrated Learning System.
    Baca Selengkapnya | Indeks
  • Profil | Achmad Rizal
    Lahir pada tahun 1975. Pria asal Jember ini adalah dosen Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) fakultas Teknik Elektro dan Komunikasi. Sejak tahun 2001 ia memulai karirnya di IT Telkom sebagai dosen, sempat menjabat manjadi Ketua Laboratorium Sistem Elektronika dan bertugas sebagai manajer Bagian Teknologi Metode Pembelajaran.
    Baca Selengkapnya | Indeks
  • Profil | Dyas Puspandari
    Wanita kelahiran Klaten pada tahun 1973 adalah salah satu staf dosen Yayasan Telkom yang mengajar mata kuliah Bahasa Indonesia
    Baca Selengkapnya | Indeks
  • Profil | R. Rumani, Drs., Ir., MSEE.
    Dilahirkan di Balikpapan, 4 April 1947. Beliau merupakan lulusan dari S1 Teknik Listrik IKIP, S1 Teknik Universitas Kristen Maranatha Bandung, dan S2 Electrical Eng The George Washington Univ USA. e-mail: [email protected]
    Baca Selengkapnya | Indeks
  • Prestasi | Tim Gatotkaca Menjuarai Imagine Cup 2011
    Gelaran Imagine Cup yang diselenggarakan Microsoft akhirnya membuahkan prestasi bagi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Melalui inovasi aplikasi ponsel kesehatan Childhood, Tim Gatotkaca IT Telkom berhasil menjadi satu-satunya wakil Indonesia untuk mengikuti Imagine Cup Internasional 2011 di New York, Amerika Serikat, 8-13 Juli mendatang
    Baca Selengkapnya | Indeks
  • Prestasi | Tim Fatahillah IT Telkom
    Tim Fatahillah IT Telkom adalah peraih medali emas Gemastik 2010 pada kategori Games Developmnet yang diselenggarakan di UGM, Yogyakarta. Games bernama "Great Scientist" ini adalah games edukasi yang ditujukan untuk anak-anak sebagai sarana pembelajaran matematika dan fisika secara 'fun'.
    Baca Selengkapnya | Indeks
  • Prestasi | Tim Eqlipes IT Telkom Sabet Juara 2 Imagine Cup 2011
    Gelaran Imagine Cup yang diselenggarakan Microsoft akhirnya membuahkan prestasi bagi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Tak hanya menghasilkan tim Gatotkaca, Tim Eqlipes IT Telkom pun berhasil sabet juara 2 Imagine Cup 2011
    Baca Selengkapnya | Indeks